Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian
  • Lesson Learn Program Asuransi Pertanian dan Merumuskan Model ke Depan

    Lesson Learn Program Asuransi Pertanian dan Merumuskan Model ke Depan

    Thursday, 03 August 2017 06:43
  • Halal Bi Halal 1438 H dan Pelepasan Purna Bakti  Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

    Halal Bi Halal 1438 H dan Pelepasan Purna Bakti Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

    Wednesday, 05 July 2017 08:54
  • Pembelajaran dalam Inovasi Institusi: Kasus Perkebunan

    Pembelajaran dalam Inovasi Institusi: Kasus Perkebunan

    Tuesday, 13 June 2017 01:05
  • Subsidi Pupuk: Pengalaman dan Perlunya Perubahan Kebijakan

    Subsidi Pupuk: Pengalaman dan Perlunya Perubahan Kebijakan

    Friday, 28 April 2017 06:05
  • Gerakan Tanam Cabai Untuk Kemandirian Pangan

    Gerakan Tanam Cabai Untuk Kemandirian Pangan

    Thursday, 20 April 2017 14:33
  • Indonesia Sudah Swasembada Protein dan Berupaya Meraih Swasembada Protein Hewani

    Indonesia Sudah Swasembada Protein dan Berupaya Meraih Swasembada Protein Hewani

    Tuesday, 21 February 2017 09:47
  • Rapat Kerja PSEKP TA 2017

    Rapat Kerja PSEKP TA 2017

    Tuesday, 24 January 2017 01:36
  • Menyikapi Keputusan Panel DSB-WTO: Kasus Kebijakan Impor Produk Hortikultura, Hewan dan Produk Hewan

    Menyikapi Keputusan Panel DSB-WTO: Kasus Kebijakan Impor Produk Hortikultura, Hewan dan Produk Hewan

    Thursday, 19 January 2017 01:22
  • Peresmian Kantor Baru PSEKP, Semangat Baru

    Peresmian Kantor Baru PSEKP, Semangat Baru

    Thursday, 22 December 2016 08:52
  • Upacara Kesadaran Nasional 17 Desember  2016

    Upacara Kesadaran Nasional 17 Desember 2016

    Monday, 19 December 2016 09:48

Informasi

Peraturan Baru Tunjangan Kinerja: Tingkatkan Kinerja dan Disiplin Pegawai Kementan

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2012, pegawai lingkup Kementan mulai diberikan Tunjangan Kinerja.  Tunjangan Kinerja ini merupakan reward bagi Kementerian Pertanian yang telah melaksanakan sebagian program dan kegiatan Reformasi Birokrasi yang digulirkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mulai periode 2011.Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2012, pegawai lingkup Kementan mulai diberikan Tunjangan Kinerja.  Tunjangan Kinerja ini merupakan reward bagi Kementerian Pertanian yang telah melaksanakan sebagian program dan kegiatan Reformasi Birokrasi yang digulirkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mulai periode 2011.

Read more...

Good Agricultural Practices (GAP) sebagai Salah Satu Technical Barrier to Trade dalam Perdagangan Internasional

Good Agricultural Practices (GAP) sebagai Salah Satu Technical Barrier to Trade dalam Perdagangan InternasionalGAP merupakan salah satu Non-Tariff Barrier (NTB), diperkenalkan pertama tahun 2000 atas bahan pangan segar (sayur dan buah) di Uni Eropa. Indonesia sejak 2003 telah memiliki ketentuan GAP Sayuran, dan telah diakui internasional sebagai INDOGAP (2004). Secara berangsur semua produk bahan pangan yang diperdagangkan secara global dipersyaratkan (voluntarily) memiliki sertifikat GAP.

Read more...

Kebijakan Impor Beras: Memahami Kasus Impor Beras Vietnam

Kebijakan Impor Beras: Memahami Kasus Impor Beras VietnamPada tanggal 10 April 2014 Badan Litbang Pertanian melaksanakan kegiatan Seminar Rutin, yang diselenggarakan di Kanpus Litbang Pertanian di Jl. Ragunan No.29 Jakarta Selatan, undangan berasal dari para peneliti Lingkup Badan Litbang Pertanian dan instansi lainnya.  Dr. Erwidodo dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan pertanian memaparkan makalah dengan judul Kebijakan Impor Beras: Memahami Kasus Impor Beras Vietnam.

Read more...

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) : Peluang dan atau Tantangan dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) : Peluang dan atau Tantangan dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan NasionalMasyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah didepan mata dan akan efektif pada 1 Januari 2016. Daya saing produk pertanian adalah kata kunci untuk dapat memenangkan kompetisi global. Demikian salah satu kesimpulan FGD MEA “Peluang dan atau Tantangan dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan” yang diselenggarakan di PSEKP pada tanggal 16 Juni 2015. FGD dibuka oleh Kepala PSEKP dengan menghadirkan narasumber : Dr. Rusman Heriawan (PSEKP), Dr. Erwidodo (PSEKP) dan Dr. Rina Octaviani (IPB).

Read more...

Harmonisasi Data Produksi dan Pemanfaatan Padi, Jagung, dan Kedelai di Tingkat Propinsi: Kasus Jawa Barat

Harmonisasi Data Produksi dan Pemanfaatan Padi, Jagung, dan Kedelai di Tingkat Propinsi: Kasus Jawa BaratBadan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian bersama Dinas Pertanian Propinsi Jawa Barat, BKPD Jawa Barat dan BPS menyelenggarakan FGD Harmonisasi data produksi dan pemanfaatan Padi, jagung, kedelai (Pajale) di tingkat propinsi Jawa Barat. Focus Group Discussion tingkat propinsi ini dilakukan dengan tujuan untuk mendalami isu dan permasalahan konsistensi data padi, jagung, dan kedelai pada level propinsi dan meningkatkan kesadaran daerah akan perlunya pengumpulan, penghitungan, dan penyajian data pangan secara akurat.

Read more...

Kajian Keterkaitan Produksi, Perdagangan dan Konsumsi Ubi Jalar untuk Meningkatkan Partisipasi Konsumsi

Seminar Rutin Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian menyelenggarakan seminar rutin Pembangunan Pertanian dan Perdesaan dengan topik "Kajian Keterkaitan Produksi, Perdagangan dan Konsumsi Ubi Jalar untuk Meningkatkan Partisipasi Konsumsi". Kegiatan seminar rutin tersebut diadakan pada hari Rabu, tanggal 27 April 2011, dengan pembicara Ir. Tri Bastuti dan Moderator Dr. Benny Rachman. Undangan yang hadir dalam seminar tersebut adalah satuan kerja Badan Litbang Kementerian Pertanian, satuan kerja Kementerian Pertanian, Riset Perkebunan Negara, Bappenas, Dinas Pertanian Kabupaten Bogor, UNESCAP-CAPSA, IPB, Universitas Juanda, Mahasiswa Pasca Sarjana IPB dan Seluruh Peneliti PSEKP Bogor. Adapun hasil pemikiran yang dipaparkan dalam makalah ilmiah ini adalah sebagai berikut :

Read more...

Additional information