Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian
  • Kebijakan Pengendalian Harga Produk Pertanian di Malaysia, Bagaimana dengan Indonesia???

    Kebijakan Pengendalian Harga Produk Pertanian di Malaysia, Bagaimana dengan Indonesia???

    Senin, 23 Februari 2015 01:04
  • Mari Majukan Kopagro untuk Kesejahteraan Anggotanya

    Senin, 23 Februari 2015 01:02
  • Seminar Proposal Operasional Penelitian DIPA 2015

    Seminar Proposal Operasional Penelitian DIPA 2015

    Senin, 23 Februari 2015 01:01
  • Peran Organisasi Petani di Perdesaan

    Peran Organisasi Petani di Perdesaan

    Senin, 09 Februari 2015 00:39
  • Sosialisasi Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Peneliti 2015 di Lingkup PSEKP

    Sosialisasi Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Peneliti 2015 di Lingkup PSEKP

    Senin, 12 Januari 2015 06:43
  • PSEKP Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

    PSEKP Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

    Senin, 12 Januari 2015 06:42
  • Pencapaian Swasembada membutuhkan Memobilisasi Penyuluh Swadaya dan Swasta

    Kamis, 08 Januari 2015 02:25
  • Pembenahan Organisasi Petani untuk Mendukung Swasembada

    Kamis, 08 Januari 2015 02:23
  • Pemetaan Daya Saing Pertanian Indonesia

    Pemetaan Daya Saing Pertanian Indonesia

    Senin, 15 Desember 2014 01:32
  • Focus Group Discussion “Upaya Membangun Kerangka Kebijakan Mendukung Pelaksanaan Kedaulatan Pangan”

    Focus Group Discussion “Upaya Membangun Kerangka Kebijakan Mendukung Pelaksanaan Kedaulatan Pangan”

    Jum'at, 12 Desember 2014 06:00

Seminar Nasional "Meningkatkan Peran Sektor Pertanian Dalam Penanggulangan Kemiskinan"

Tanggal 21 Agustus 2007 PSEKP mengadakan Seminar Nasional “Meningkatkan Peran Sektor Pertanian dalam Penanggulangan Kemiskinan”. Seminar ini dilatarbelangi oleh relatif pentingnya peran sektor pertanian dalam pembangunan nasional mengingat 63,3 persen penduduk miskin tinggal di perdesaan yang sebagian besar mempunyai mata pencaharian di sektor pertanian. Di sisi lain, masih beragamnya pengertian dan batasan tentang kemiskinan, definisi dan metode pendekatan serta ukuran dalam memahami kemiskinan akan berdampak sangat luas terhadap strategi dan kebijakan penanggulangan kemiskinan.

Tanggal 21 Agustus 2007 PSEKP mengadakan Seminar Nasional “Meningkatkan Peran Sektor Pertanian dalam Penanggulangan Kemiskinan”. Seminar ini dilatarbelangi oleh relatif pentingnya peran sektor pertanian dalam pembangunan nasional mengingat 63,3 persen penduduk miskin tinggal di perdesaan yang sebagian besar mempunyai mata pencaharian di sektor pertanian. Di sisi lain, masih beragamnya pengertian dan batasan tentang kemiskinan, definisi dan metode pendekatan serta ukuran dalam memahami kemiskinan akan berdampak sangat luas terhadap strategi dan kebijakan penanggulangan kemiskinan. Seminar ini mencoba untuk menjembatani kondisi tersebut dan bersama-sama mencari kesepahaman dalam kaitan pengertian kemiskinan sekaligus mencari upaya untuk mengkoordinasikan berbagai program penanggulangan kemiskinan antar lembaga terkait. Dengan kegiatan seminar ini diharapkan diperoleh strategi kebijakan penanggulangan kemiskinan yang komprehensif khususnya melalui peningkatan peran sektor pertanian. Seminar dihadiri oleh sekitar 180 peserta dari berbagai institusi/organisasi, baik dalam lingkup Deptan atau Departemen lainnya, perguruan tinggi, maupun LSM.

Dalam seminar ini dipresentasikan tujuh makalah, yaitu (1) Perkembangan Jumlah Penduduk Miskin dan Faktor Penyebabnya oleh Sunaryo Urip (BPS), (2) Karakteristik Wilayah dan Keluarga Miskin di Pedesaan oleh Togar A. Napitupulu (UNESCAP-CAPSA), (3) Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin oleh Hermanto Siregar (IPB), (4) Program-Program Sektor Pertanian yang Berorientasi Penanggulangan Kemiskinan oleh Harniati (BSDMP) (5) Kebijakan Pemerintah dalam Penanggulangan Kemiskinan oleh Sujana Royat (Deputi Menko Kesra Bidang Penanggulangan Kemiskinan), (6) Pengalaman Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Pedesaan oleh Epi Kustiawan (Bappeda Provinsi Jawa Barat), dan (7) Pengalaman LSM Dalam Pendampingan dan Pemberdayaan Keluarga Miskin oleh Irawati A. Hermantyo (LSM Bina Swadaya)

Informasi tambahan