Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian
  • Pembelajaran dalam Inovasi Institusi: Kasus Perkebunan

    Pembelajaran dalam Inovasi Institusi: Kasus Perkebunan

    Tuesday, 13 June 2017 01:05
  • Subsidi Pupuk: Pengalaman dan Perlunya Perubahan Kebijakan

    Subsidi Pupuk: Pengalaman dan Perlunya Perubahan Kebijakan

    Friday, 28 April 2017 06:05
  • Gerakan Tanam Cabai Untuk Kemandirian Pangan

    Gerakan Tanam Cabai Untuk Kemandirian Pangan

    Thursday, 20 April 2017 14:33
  • Indonesia Sudah Swasembada Protein dan Berupaya Meraih Swasembada Protein Hewani

    Indonesia Sudah Swasembada Protein dan Berupaya Meraih Swasembada Protein Hewani

    Tuesday, 21 February 2017 09:47
  • Rapat Kerja PSEKP TA 2017

    Rapat Kerja PSEKP TA 2017

    Tuesday, 24 January 2017 01:36
  • Menyikapi Keputusan Panel DSB-WTO: Kasus Kebijakan Impor Produk Hortikultura, Hewan dan Produk Hewan

    Menyikapi Keputusan Panel DSB-WTO: Kasus Kebijakan Impor Produk Hortikultura, Hewan dan Produk Hewan

    Thursday, 19 January 2017 01:22
  • Peresmian Kantor Baru PSEKP, Semangat Baru

    Peresmian Kantor Baru PSEKP, Semangat Baru

    Thursday, 22 December 2016 08:52
  • Upacara Kesadaran Nasional 17 Desember  2016

    Upacara Kesadaran Nasional 17 Desember 2016

    Monday, 19 December 2016 09:48
  • Selamat Jalan Dr. Muchjidin Rahmat

    Selamat Jalan Dr. Muchjidin Rahmat

    Thursday, 15 December 2016 08:53
  • Litbang Pertanian dalam Tantangan Pertanian Global

    Litbang Pertanian dalam Tantangan Pertanian Global

    Thursday, 15 December 2016 08:52

Rapat Kerja PSEKP TA 2017

Raker PSEKP 2017BOGOR – Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) pada tanggal 18 Januari 2017 telah menyelenggarakan Rapat Kerja dengan Tema “Refocusing Program dan Tata Kelola PSEKP Mendukung Kebijakan Kementerian Pertanian” di Ruang Display Puslitbang Perkebunan Bogor. Acara dihadiri oleh Sekretaris Jenderal, Kepala Badan Litbang Pertanian, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Kepala Biro/ Pusat lingkup Setjen dan Kepala Puslitbang/BB lingkup Balitbangtan beserta seluruh staf PSEKP dengan total 180 peserta yang hadir.

Acara dibuka dengan arahan oleh Sekrearis Jenderal Kementan Ir. Hari Priyono, M.Si. Beliau mengatakan bahwa  PSEKP saat ini sudah dibawah Menteri Pertanian langsung dimana Sekretaris Jenderal bertanggung jawab sebagai fasilitator. PSEKP diminta untuk mampu mengaktualisasikan diri dan tumbuh sebagai ujung tombak Kementerian Pertanian dengan menghasilkan informasi dan rekomendasi kebijakan yang mampu menjawab berbagai permasalahan sosial-ekonomi yang dianggap mendesakdan penting bagi Kementan.

Raker PSEKP 2017 mengundang beberapa narasumber seperti Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Dr. Enny Sudarmonowati dan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Drs. Abdul Halim, M.SiAcara kemudian ditutup oleh Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir mengungkapkan bahwa PSEKP meskipun struktur dan tugasnya saat ini berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Mentan melalui Sekjen, namun pembinaan teknis penelitian dan pejabat fungsional peneliti PSEKP masih berada dibawah Balitbangtan. Beliau juga  menambahkan bahwa PSEKP  harus mampu memberikan rekomendasi bagaimana arah kebijakan pertanian kedepan, penelitian sosial ekonomi merupakan suatu hal yang penting karena banyak komoditas yang telah dihasilkan hanya mengikuti tren namun memiliki nilai sosial ekonomi yang rendah. “Teknologi untuk pembangunan suatu wilayah harus ada sosial ekonomi, dan di dalamnya inovasi teknologi merupakan suatu bagian dari hal tersebut, apakah itu dapat meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan daya saing, itu sosial ekonomi yang dapat mewarnai,” ujar Kepala Balitbangtan. Lebih lanjut, Kepala Balitbangtan berharap agar PSEKP dapat menjustifikasi kebijakan yang deterapkan Kementan dengan analisis-analisis yang dilakukan berdasarkan scientific approach dan berwawasan kebangsaan. Dengan peran dan fungsi tersebut, PSEKP diminta terlibat mulai dari perencanaan kebijakan sampai pada tataran implementasinya di tingkat lapang.

Additional information