Deskripsi

PSEKP terus menerus menghasilkan pengetahuan dan rekomendasi kebijakan dari tahun ke tahun secara rutin, sejak berdiri tahun 1974. Seluruh hasil tersebut pada hakekatnya merupakan milik masyarakat dan negara yang harus terus disebarluaskan.

Pelayanan hasil-hasil penelitian mencakup berbagai bentuk mulai dari bahan tercetak sampai dengan online di jaringan internet. Kegiatan publikasi merupakan pokok pelayanan publik di PSEKP sebagai media diseminasi dan penyebarluasan informasi hasil penelitian. Publikasi dinilai sangat efektif dalam penyebarluasan hasil penelitian karena dapat mencapai khalayak secara luas, dapat bertahan dalam jangka panjang, serta memungkinkan untuk dibaca dan ditelaah secara berulang-ulang. Kegiatan publikasi hasil penelitian dan analisis sosial ekonomi pertanian merupakan aktivitas rutin yang dilakukan PSEKP setiap tahun.

Jenis pelayanan

Seluruh hasil penelitian dan pemikiran dari PSEKP disebarkan melalui beragam media. Secara umum, jenis pelayanan diberikan dalam dua bentuk, yaitu langsung dan tidak langsung melalui saluran internet. Pelayanan langsung berbentuk temu muka (personal interaction) serta melalui berbagai media tertulis (offline).

Pelayanan informasi secara offline

PSEKP secara rutin memproduksi berbagai jurnal, buku, leaflet maupun booklet; dimana PSEKP menerbitkan enam jenis publikasi sebagai berikut:

  1. Jurnal Agro Ekonomi (JAE), merupakan publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian primer sosial ekonomi pertanian. Penerbitan JAE dimaksudkan sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan profesional para ahli sosial ekonomi pertanian dan sarana untuk memperoleh informasi bagi pengambil kebijakan, pelaku, dan pemerhati pembangunan pertanian dan perdesaan. JAE terbit dua kali setahun dan dicetak masing-masing 500 eksemplar untuk setiap nomor terbitan. Jurnal Agro Ekonomi (JAE) dapat diakses dengan alamat ini: http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jae/issue/archive
  2. Forum Agro Ekonomi (FAE), merupakan publikasi ilmiah yang memuat critical review hasil penelitian sosial ekonomi pertanian dan juga menampung naskah-naskah yang berupa gagasan-gagasan atau konsepsi-konsepsi orisinal dalam bidang sosial dan ekonomi pertanian. FAE terbit dua kali setahun dan dicetak sebanyak 500 eksemplar untuk setiap nomor terbitan. Jurnal Forum penelitian Agro Ekonomi (FAE) dapat diakses di alamat: http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/fae/issue/archive
  3. Analisis Kebijakan Pertanian (AKP), media ilmiah yang memuat isu-isu aktual kebijakan pertanian dalam bentuk gagasan, dialog, dan polemik. AKP terbit dua kali dalam setahun dan dicetak masing-masing 500 eksemplar untuk setiap nomor terbitan. Analisis Kebijakan Pertanian (AKP) dapat diakses di alamat: http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/akp/issue/archive
  4. Buku Tematik, adalah media cetak yang memuat tulisan ilmiah peneliti PSEKP mengenai topik yang sesuai dengan kepakaran dan spesialisasi peneliti atau terkait dengan topik yang sedang menjadi isu menarik.
  5. Agro-Socioeconomic Newsletter, merupakan media berbahasa Inggris yang diterbitkan pertama kali tahun 2007. Media ini diterbitkan dalam upaya memperluas jangkauan pembaca, baik untuk berbagai mitra dan lembaga riset serta lembaga pemerintahan di dalam negeri dan di luar negeri. Oleh karena itu, untuk setiap terbitan, media ini disebarkan ke berbagai lembaga pemerintah, kalangan perguruan tinggi, lembaga riset lain, swasta, dan lain-lain. Untuk kalangan dari luar negeri, media ini disampaikan secara langsung kepada beberapa lembaga riset dan donor yang berkantor di Indonesia, serta melalui website (http://www.pse.litbang. pertanian.go.id). Sebagai newsletter, informasi yang disajikan merupakan informasi yang bersifat paling baru dan sedang hangat dibicarakan. Harapannya adalah agar pembaca dapat mengetahui informasi paling baru serta memperoleh respon dari kalangan pembaca secara cepat pula. Topik-topik utama yang selalu hadir dalam setiap terbitan, yaitu temuan-temuan penelitian yang menarik (research findings), tinjauan terhadap kebijakan pemerintah yang terbaru tentang pembangunan pertanian (recent policy development), kegiatan penelitian di PSEKP (research activities), serta berita seputar lembaga PSEKP (ICASEPS news). Newsletter diterbitkan dengan frekuensi penerbitan sebanyak tiga kali setiap tahun, masing-masing 500 eksemplar setiap terbit. Jumlah halaman tiap terbit adalah delapan halaman berwarna penuh (full color).
  6. Leaflet, adalah media cetak ilmiah peneliti PSEKP yang memberikan informasi detail yang mana tidak dapat diberikan secara lisan, mudah dibuat, diperbanyak, dan diperbaiki serta disesuaikan dengan kelompok sasaran, dan topik yang sedang menjadi isu menarik atau untuk kegiatan seminar yang sifatnya Nasional.

Berbagai jenis publikasi yang telah dihasilkan PSEKP tersebut disebarluaskan ke berbagai instansi terkait seperti Staf Ahli Menteri, Sekjen, Ditjen, dan Badan Lingkup Deptan, Puslitbang, BPTP, Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, Asosiasi Swasta, dan lain-lain. Pendistribusian dilakukan melalui paket pos, diantar langsung untuk wilayah Jabodetabek, dan melalui tamu-tamu yang datang ke PSEKP.

PSEKP juga menyelenggarakan berbagai seminar, di antaranya Seminar Rutin, Seminar Proposal, dan Seminar Hasil Penelitian. Kegiatan seminar tersebut bertujuan untuk mengomunikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan dan untuk mendapatkan umpan balik atau masukan dari para stakeholder. Khusus Seminar Rutin, selain bertujuan untuk mencari masukan dari stakeholder, juga dijadikan sebagai ajang/media menumbuhkan “budaya ilmiah” di PSEKP sebagai salah satu lembaga penelitian.

Pelayanan informasi melalui Website (online)

Untuk lebih memberikan pelayanan yang optimal kepada publik, PSEKP telah membangun situs atau Website sendiri dengan alamat: http://www.pse.litbang.pertanian.go.id. Website ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat maupun stakeholders yang membutuhkan data dan informasi mengenai kegiatan PSEKP selama 24 jam. Situs atau website tersebut juga menjadi sarana komunikasi hubungan kerja antara PSEKP dengan institusi lainnya, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Waktu pelayanan

Untuk pelayanan online, waktu pelayanan adalah sepanjang hari, sesuai dengan ketersediaan jaringan internet pada pengguna. Sedangkan, untuk pelayanan offline, waktu pelayanan tidak diberikan secara rutin, namun disesuaikan dengan kebutuhan. Pelayanan informasi melalui media tercetak diberikan secara tersebar, karena seluruh hasil publikasi telah disebarkan kepada ratusan perpustakaan di Indonesia (utamanya di berbagai perpustakaan perguruan tinggi), termasuk di perpustakaan PSEKP. Namun demikian, pelayanan langsung juga diberikan oleh Subbidang Pendayagunaan Hasil PSEKP dengan jadwal:

Senin - Jum'at              : 08.00-15.00 WIB
Istirahat (Senin–Kamis)  : Pkl 12.00 – 13.00 WIB
Istirahat (Jumat)          : Pkl 11.30 – 13.00 WIB
Sabtu-Minggu              : Libur

Untuk pelayanan online, disediakan secara penuh sepanjang hari. Sebagian besar publikasi PSEKP beserta laporan penelitian telah disediakan pada situs http://www.pse.litbang.pertanian.go.id

Prosedur pelayanan

Prosedur pelayanan untuk pelayanan langsung ke Subbidang Pendayagunaan Hasil PSEKP adalah sebagai berikut:

Layanan Informasi Hasil-Hasil Penelitian

Penyelenggara

Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian c.q Subbidang Pendayagunaan Hasil Penelitian.