Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian
  • Kebijakan Pengendalian Harga Produk Pertanian di Malaysia, Bagaimana dengan Indonesia???

    Kebijakan Pengendalian Harga Produk Pertanian di Malaysia, Bagaimana dengan Indonesia???

    Senin, 23 Februari 2015 01:04
  • Mari Majukan Kopagro untuk Kesejahteraan Anggotanya

    Senin, 23 Februari 2015 01:02
  • Seminar Proposal Operasional Penelitian DIPA 2015

    Seminar Proposal Operasional Penelitian DIPA 2015

    Senin, 23 Februari 2015 01:01
  • Peran Organisasi Petani di Perdesaan

    Peran Organisasi Petani di Perdesaan

    Senin, 09 Februari 2015 00:39
  • Sosialisasi Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Peneliti 2015 di Lingkup PSEKP

    Sosialisasi Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Peneliti 2015 di Lingkup PSEKP

    Senin, 12 Januari 2015 06:43
  • PSEKP Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

    PSEKP Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

    Senin, 12 Januari 2015 06:42
  • Pencapaian Swasembada membutuhkan Memobilisasi Penyuluh Swadaya dan Swasta

    Kamis, 08 Januari 2015 02:25
  • Pembenahan Organisasi Petani untuk Mendukung Swasembada

    Kamis, 08 Januari 2015 02:23
  • Pemetaan Daya Saing Pertanian Indonesia

    Pemetaan Daya Saing Pertanian Indonesia

    Senin, 15 Desember 2014 01:32
  • Focus Group Discussion “Upaya Membangun Kerangka Kebijakan Mendukung Pelaksanaan Kedaulatan Pangan”

    Focus Group Discussion “Upaya Membangun Kerangka Kebijakan Mendukung Pelaksanaan Kedaulatan Pangan”

    Jum'at, 12 Desember 2014 06:00

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Peneliti Sosial Ekonomi Badan Litbang Pertanian

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Peneliti Sosial Ekonomi Badan Litbang PertanianPusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSE-KP) telah menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan “Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Peneliti Sosial Ekonomi Badan Litbang Pertanian Dalam Penelitian Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian”, selama 15 hari mulai tanggal 13 - 27 Maret 2013 di Gedung Pelatihan Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik di Jl, Dr. Semeru No 63 Bogor. Nara Sumber, terdiri atas kalangan akademis, profesional, dan para peneliti senior Lingkup Badan Litbang Pertanian. Nara sumber akedemis berasal dari tenaga pengajar Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Intitut Pertanian Bogor (IPB).

Tujuan utama kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari Puslit/Balit dan BPTP, ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam: (1) menganalisis arah kebijakan pembangunan pertanian, (2) metoda penelitian yang digunakan, (3) menganalisis data, penyajian dan penyampaian hasil penelitian, dan (4) program-program aplikasi dalam bidang sosial ekonomi dan kebijakan pertanian.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Pusat PSE-KP dan ditutup oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian dalam hal ini mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Peneliti meliputi perkuliahan, tugas mandiri/ kelompok, pengolahan data, penulisan laporan dan seminar hasil kerja praktek lapang.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Peneliti Sosial Ekonomi Badan Litbang PertanianAdapun materi Pelatihan mencakup: (1) Arah dan Kebijakan penelitian Badan Litbang Pertanian, (2) Arah dan Kebijakan penelitian Sosial Ekonomi Pertanian, (3) Teori dan Praktek General Equilibrium (GE), (4) Teori dan Aplikasi Statistik Parametrik, (5) Teori dan Aplikasi Policy Analysis Matrix, (6) Teori dan Aplikasi Analisis Tabel Input Output, (7) Kerangka Analisis Estimasi dalam Cross Section Data dengan Program STATA, (8) Kerangka Analisis Estimasi dalam panel Data dengan Program STATA, (9) Teori dan Aplikasi Metode Time Series, (10) Teori dan Aplikasi Simulasi (Forecasting) dengan metode Time Series, (11)  Teori dan Aplikasi Logistic Regression Model, (12) Teori dan Aplikasi Model Ekonometrika Persamaan Simultan, (13) Teknik Analisis Data dengan Statistik Non Parametrik, (14) Teori dan Aplikasi Analisis Structural Equation Model (SEM), (15)  Konsep dan Aplikasi Manajemen Rantai Pasok dan Rantai Nilai, (16)  Kerangka Analisis Perakitan Difusi dan Adopsi Teknologi, (17) Teknik dan Aplikasi Penyusunan Kuesioner Untuk Pengumpulan data, (18) Aplikasi Full Screen Product dalam Pengolahan Data, dan (19) Praktek lapang. EdY

Informasi tambahan